CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Materi IPA SMP/MTs Kelas 7)

CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Plassa.net). Gunung, bunga, batu, kupu-kupu, rumput, mawar, dan manusia adalah sebagian contoh makhluk ciptaan Allah, Tuhan Yang Maha Esa. Makhluk ciptaan Allah sangat banyak dan beranekaragam. Ada tetumbuhan, binatang, gunung, sungai, laut, danau, dsb. Dapatkah kalian mengenali perbedaan makhluk-makhluk ciptaan Allah tersebut? Pernahkah kamu mendengar atau menyaksikan bahwa ada seseorang yang meninggal? Namun pernahkah kamu mendengar atau menyaksikan ada batu yang mati? Kamu mungkin akan mengatakan bahwa batu tidak bisa mati sebab batu bukan makhluk hidup. Bagaimanakah dengan gunung, bunga, kupu-kupu, dan rumput, apakah mereka makhluk hidup atau bukan? Untuk mendapatkan jawabannya marilah kita pelajari ciri-ciri makhluk hidup.

Masih ingatkan kamu dengan pelajaran sains di sekolah dasar. Di kelas 3 dan kelas 4 kamu telah mempelajari beberapa ciri makhluk hidup.  Masih ingatkah kamu apa sajakah ciri-ciri makhluk hidup itu?  Pada bab ini kamu akan diajak mempelajari ciri-ciri makhluk hidup dengan lebih mendalam lagi. Agar pelajaran ini lebih menarik dan kamu juga lebih memahami pelajaran ini kamu harus mau mengerjakan kegiatan, tugas, dan latihan yang ada.

Yakinkah kamu bahwa kamu makhluk hidup? Pasti! Pasti kamu yakin bahwa kamu adalah makhluk hidup. Ciri-ciri apakah yang kamu miliki sehingga kamu mengatakan bahwa kamu adalah makhluk hidup? Dengan menggunakan ciri-ciri hidup yang kamu miliki, marilah kita pelajari ciri-ciri makhluk hidup satu demi satu.

A. Bernafas
Apakah kamu bernafas? Tentu! Cobalah kamu perhatikan bagaimana kamu bernafas. Semua makhluk hidup bernafas. Kita manusia bernafas dengan menghirup oksigen dari udara dengan menggunakan alat pernafasan kita, mulai dari hidung, tenggorokan, hingga paru-paru.  Bagaimana halnya dengan makhluk hidup yang hidup di air, misalnya ikan?  Mereka juga bernafas, tetapi alat pernafasannya bukanlah paru-paru seperti yang dimiliki manusia.  Ikan bernafas dengan menggunakan insang.

Mengapa makhluk hidup memerlukan oksigen? Makhluk hidup membutuhkan oksigen dalam kaitannya dengan usahanya untuk memperoleh energi. Di dalam tubuh, zat-zat makanan yang kita makan perlu dipecah untuk menghasilkan energi. Dalam salah satu tahapan proses pemproduksian energi ini diperlukan oksigen. Oleh karena itu kita memerlukan oksigen. Makhluk hidup yang lain juga sama, mereka bernafas dengan tujuan agar dapat memperoleh energi.

Dalam proses pernafasan selain dihasilkan energi juga dihasilkan sisa pembakaran, yaitu karbon dioksida.  Karbon dioksida harus dikeluarkan dari dalam tubuh sebab karbon dioksida merupakan racu bagi tubuh kita. Kalau oksigen dimasukkan ke dalam tubuh pada saat kita menarik nafas, sebaliknya karbon dioksida dikeluarkan dari dalam tubuh pada saat kita mengeluarkan nafas. Oleh karena itu pernafasan berperan penting dalam pertukaran gas-gas, yaitu mengambil oksigen yang kita butuhkan dan sekaligus membuang karbon dioksida yang tidak kita butuhkan.

Ciri lain terjadinya proses pernafasan adalah timbulnya panas yang merupakan akibat sampingan dari proses pemproduksian energi. Karena itu untuk melihat apakah terjadi proses pernafasan ataukah tidak kita dapat melihatnya dari dihasilkan tidaknya panas dan karbon dioksida. Kamu dapat membuktikan hal ini dengan meraba binatang yang telah mati.  Akan terasa bahwa tubuhnya terasa dingin sebab tidak lagi terjadi proses pernafasan yang menghasilkan energi.

Kalian tentunya telah yakin bahwa manusia dan binatang bernafas.  Apakah tumbuhan juga bernafas?  Sebagai makhluk hidup tumbuhan tentunya juga bernafas, hanya saja dalam bernafasnya tumbuhan tidak menggunakan alat pernafasan yang khusus, seperti yang kamu miliki atau yang dimiliki oleh binatang.  Tumbuhan tidak memiliki alat khusus untuk mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida sebab gas-gas tersebut keluar dan masuk secara difusi. Dapatkah kamu menunjukkan bukti bahwa tumbuhan juga bernafas?
Bernafas ciri makhluk hidup
Bernafas
Sumber gambar: http://www.google.co.id
* Untuk membuktikan bahwa tumbuhan bernafas kalian dapat melakukan kegiatan-kegiatan  berikut:

Kegiatan 1
Ambillah segenggam kecambah yang masih segar. Simpanlah kecambah tersebut selama semalam atau lebih dalam botol atau kaleng yang tertutup rapat.  Pada hari berikutnya cobalah kamu amati:
  • Masukkanlah sebatang korek api yang menyala ke dalam botol atau kaleng tersebut. Apakah yang terjadi, apakah korek api tersebut tetap menyala  ataukah mati? …………………………………………………………
  • Cobalah masukkan tangan kamu ke dalam kaleng. Apakah kamu merasakan bahwa kaleng/botol tersebut terasa hangat? …………………
  • Apakah yang menyebabkan kejadian tersebut? ……………………………
Kegiatan 2
Ambilah segenggam kecambah yang masih segar dan letakkan dalam botol atau kaleng.  Tutuplah botol atau kaleng tersebut dengan penutup yang diberi selang plastik yang dihubungkan dengan botol yang diisi larutan Bromtymol biru.
  • Adakah kalian melihat gelembung-gelembung yang keluar dari botol yang berisi kecambah?  ………………………………………………………
  • Perubahan apakah yang kalian lihat pada larutan Bromtymol biru/larutan kapur tohor? …………………………………………………..
Keterangan:
Larutan Bromtymol biru atau larutan kapur merupakan larutan penanda. Larutan Bromtymol biru akan berubah menjadi kekuningan apabila terdapat karbon dioksida sedangkan Larutan kapur akan berubah menjadi keruh bila bereaksi dengan gas karbon dioksida.

B. Makan
Ciri hidup yang satu ini pasti sangat jelas bagimu. Makanan merupakan sumber energi bagi makhluk hidup. Tanpa makan kamu akan merasa lemas sebab tidak ada energi. Apabila kamu berpuasa tentu kamu merasakan sendiri betapa lemasnya badanmu padahal hanya beberapa jam saja kamu tidak makan. Tidak ada makhluk hidup yang dapat bertahan hidup tanpa makan sama sekali. Mungkin ada manusia yang masih dapat bertahan hidup tanpa makan untuk jangka waktu beberapa minggu.  Namun tak ada seorangpun yang bisa tetap bertahan hidup apabila terus-menerus tidak makan sama sekali.

Beberapa binatang yang hidup di daerah kutub, misalnya beruang kutub, dapat bertahan hidup selama beberapa bulan tanpa makan. Sesungguhnya hal itu dilakukannya dengan terpaksa sebab pada musim dingin mereka tidak bisa mencari binatang buruan sebagai makanan. Oleh karena itu apabila musim dingin telah tiba mereka akan sangat rakus mencari makanan.

Kita makan dengan memasukkan makanan melalui mulut dan selanjutnya dicerna di lambung dan di usus halus.  Makhluk hidup yang lain tentunya juga mempunyai cara makan yang berbeda-beda.  Jenis makanan yang dimakan setiap makhluk hidup juga sangat bervariasi. Kita manusia makan hampir segala macam makanan, misalnya nasi, sayuran, buah, dan daging. Makhluk hidup tertentu misalnya sapi hanya makan bahan makanan yang berasal dari tumbuhan sedangkan singa, misalnya hanya makan daging.

Kita di Indonesia pada umumnya makan nasi sebagai makanan pokok dan dilengkapi sayuran, buah-buahan dan lauk-pauk. Walaupun bentuk makanan yang kita makan berbeda-beda namun sesungguhnya bahan yang terkandung di dalamnya sama, yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air.  Apakah tumbuhan juga makan?  Bagaimanakah tumbuhan makan?
Makan ciri Makhluk Hidup
  Makan ciri Makhluk Hidup1 
Sumber gambar: http://www.google.co.id
Untuk membuktikan bahwa tumbuhan juga makan, kalian dapat melakukan kegiatan berikut:
* Untuk membuktikan bahwa tumbuhan juga makan kalian dapat melakukan kegiatan berikut:

Kegiatan 3
Tanamlah beberapa biji kacang (misalnya kacang merah, kacang tanah, kacang panjang) pada sebuah pot. Beberapa saat setelah biji tersebut mulai berkecambah, potonglah keping lembaga (kotiledonnya) beberapa kecambah dan pada sebagian kecambah lain biarkanlah tumbuh seperti biasa.
  • Bagaimanakah pertumbuhan kecambah yang dipotong keping lembaganya? …………………………………………………………………….
  • Adakah perbedaan pertumbuhan antara kecambah yang dipotong keping lembaganya dengan kecambah yang tidak dipotong keping lembaganya? ……………………………………………………………….
  • Menurut kamu, mengapa terjadi hal yang demikian? ……………………
Petunjuk:
Keping lembaga merupakan cadangan makanan gabi biji.

Kegiatan 4
Carilah dua buah tanaman yang ukurannya hampir sama. Apabila kalian tidak menemukannya kalian dapat menanamnya sendiri. Pada salah satu tanaman, potonglah semua daunnya, dan setiap kali tumbuh daun baru potong juga sehingga tanaman tersebut sama sekali tidak memiliki daun. Setelah beberapa waktu amatilah pertumbuhan kedua tanaman tersebut.
  • Tanaman manakah yang lebih subur pertumbuhannya? …………………...
  • Menurutmu, mengapa kedua tanaman tersebut tidak sama pertumbuhannya? ……………………………………………………….
Petunjuk:
Daun merupakan tempat terjadinya fotosintesis

C. Bergerak
Ciri makhluk hidup yang ini juga pasti dapat dengan mudah kamu pahami. Kamu bisa berjalan, berlari, menulis, dan bermacam gerakan lain.  Kamu tentunya menyadari bahwa kelincahan gerak tiap manusia memang berbeda-beda, ada yang dapat berlari cepat, ada yang lambat, bahkan ada yang tidak dapat berjalan sama sekali.  Namun yang pasti selama orang tersebut masih hidup, dia dapat bergerak.  Seseorang mungkin tidak dapat berpindah tempat, namun selama dia masih hidup tentunya dia melakukan gerakan, misalnya menggerakkan tangan, kaki, atau mengedipkan mata.  Gerak bukan hanya berarti perpindahan tempat tetapi juga mencakup gerakan organ tubuh.

Makhluk hidup yang lain tentunya juga bergerak.  Sebagaimana yang terjadi pada manusia, tentunya ada makhluk hidup yang dapat bergerak dengan sangat leluasa dan juga ada yang gerakannya sangat sedikit.  Mungkin ada yang bisa berpindah tempat, namun ada juga yang hanya bisa menggerakkan bagian tubuh tertentu saja.  Apakah tumbuhan juga bergerak?  Dapatkah kalian membuktikan bahwa tumbuhan juga bergerak?
Untuk membuktikannya kalian dapat melakukan kegiatan berikut:

* Untuk membuktikan bahwa tumbuhan bergerak kalian dapat melakukan kegiatan berikut:

Kegiatan 5
Tanamlah dua kecambah kacang (kacang panjang, buncis, dll) dalam dua buah pot.  Selanjutnya, tutuplah masing-masing pot dengan sebuah kotak kardus.  Pot pertama ditutup dengan kotak kardus yang bagian atasnya terbuka sedangkan pot yang kedua ditutup dengan kotak kardus yang bagian atasnya tertutup dan hanya ada lubang pada salah satu sisinya.
  • Bagaimanakah arah pertumbuhan kacang pada kedua pot tersebut? …………………….…………………………………………………………..
  • Dapatkah kalian menjelaskan mengapa terjadi demikian? ………………
Yakinkah kamu sekarang bahwa tumbuhan juga bergerak? Di kelas 8 kamu akan belajar lebih banyak lagi tentang macam-macam gerak pada tumbuhan dan faktor apa saja yang menyebabkan gerakan tersebut.

D. Mereaksi rangsang (Iritabilitas)
Apa yang kamu lakukan pada saat tanganmu menyentuh benda yang panas? Apa pula yang kamu lakukan apabila matamu menjadi silau karena cahaya yang terlalu terang. Apabila kita menyentuh benda panas pasti kita akan segera menarik tangan, demikian juga apabila kita tiba-tiba tersorot lampu yang sangat terang kita akan berusaha agar tidak terlalu silau, misalnya degan menghalangi dengan tangan.  Itu adalah beberapa bukti bahwa kita mampu mereaksi rangsang.  Sebagai makhluk hidup kita manusia mempunyai kemampuan untuk memberikan tanggapan terhadap rangsangan yang kita terima. Kemampuan mereaksi rangsang hanya dimiliki makhluk hidup. Pernahkah kamu melihat batu yang berusaha menghindar agar tidak terlindas mobil? Tentu saja tidak! Makhluk tak hidup tidak bisa mereaksi rangsang sebab mereka tidak bisa menangkap adanya rangsang.

Cara kita mereaksi rangsang tentunya berbeda-beda, tergantung jenis rangsang dan kemampuan kita. Tingkat kekuatan rangsangan dan kemampuan makhluk hidup yang bersangkutan sangat menentukan reaksi yang diberikan terhadap adanya rangsang. Dengan urat syaraf yang kamu miliki bisa segera menarik tanganmu yang terkena benda panas atau berlari kencang apabila dikejar anjing.

Makhluk hidup yang lain tentunya juga mampu mereaksi rangsangan yang diterimanya.  Apakah menurut kamu juga mampu mereaksi rangsangan yang diterimanya?
Putri malu iritabilitas
Putri Malu
* Untuk membuktikan bahwa tumbuhan juga mereaksi rangsang kalian dapat melakukan kegiatan berikut:

Kegiatan 6

Dapatkah kamu menemukan tumbuhan putri malu di sekitar sekolah atau di sekitar rumahmu.  Cobalah sentuh daunnya dengan perlahan.  Apakah yang terjadi? …………………………………………………………………………….
  • Tunggulah beberapa menit, apa yang terjadi? …………………………...........
  • Adakah perbedaannya apabila rangsang yang diberikan lebih kuat? ……................
  • Apakah menurut kalian hanya rangsang sentuhan saja yang berpengaruh? Dapatkah kamu mencari rangsang apa saja yang menyebabkan daun putri malu menutup? …………………………………
  • Bagaimanakah gerak menutupnya daun apabila rangsang diberikan di bagian pangkal daun? ……………………………………………………

E. Tumbuh

Berapakah tinggi badanmu saat ini? Masih ingatkah kamu berapa tinggi badanmu pada saat masih di SD? Tentu kini badanmu bertambah tinggi dibandingkan pada saat kamu masih di SD. Hal ini menunjukkan bahwa  kamu tumbuh. Salah satu ciri makhluk hidup adalah tumbuh membesar. Namun perlu diingat bahwa ukuran maksimum tiap makhluk hidup berbeda-beda.  Karena itu kalian tidak akan pernah melihat kambing yang lebih besar dari gajah, atau kadal yang sebesar buaya.  Memang ada saja kekecualian, misalnya ada ikan lele yang besarnya mencapai 1 m, ada semangka yang buahnya sampai 100 kg dan keanehan lainnya namun itu semua hanyalah kekecualian. Pertumbuhan dicirikan dengan bertambah besarnya ukuran dan tidak akan mengecil lagi.  Dapatkah kalian menunjukkan bukti bahwa binatang dan tumbuhan juga tumbuh?

Tumbuh dan berkembang ciri makhluk hidup

Tumbuh dan berkembang ciri makhluk hidup1
 Sumber gambar: http://www.google.co.id
* Untuk membuktikan bahwa makhluk hidup tumbuh kalian dapat melakukan kegiatan berikut:

Kegiatan 7

Carilah beberapa tumbuhan yang masih muda di sekitar sekolah atau di sekitar rumah kalian.  Ukurlah berapa tinggi tumbuh-tumbuhan tersebut.  Lakukanlah pengukuran terhadap tinggi tumbuhan tersebut setiap selang satu minggu selama empat minggu berturut-turut.
  • Apakah kecepatan pertumbuhan berbagai jenis tumbuhan sama? ………
  • Apakah kecepatan pertumbuhan satu tumbuhan dari waktu ke waktu sama? …………………………………………………………………….
  • Samakah hasil yang kalian dapatkan dengan hasil yang didapat kawan-kawan kalian yang lain? ………………………………………………….

Kegiatan 8

Cobalah ukur tinggi badanmu. Ukur pula tinggi badan beberapa temanmu, ataupun juga orang tuamu.
  • Berapakah rata-rata kecepatan pertumbuhan kalian per bulan? …………..
  • Samakah rata-rata kecepatan pertumbuhan kalian? ……………………….
Tentunya kini kamu telah lebih memahami bahwa makhluk hidup tumbuh. Meskiopun demikian kecepatan pertumbuhan dan batas pertumbuhan setiap makhluk hidup berbeda-beda.

F. Berkembang biak

Berkembang biak artinya bertambah banyak dengan cara menghasilkan keturunan (anak).  Kalian pasti juga yakin benar bahwa makhluk hidup berkembang biak.  Kalian lahir dari ayah dan ibu kalian, ayah dan ibu kalian lahir dari kakek-nenek kalian, dan seterusnya. Makhluk hidup perlu berkembang biak sebab apabila tidak berkembang biak maka makhluk hidup tersebut akan punah. Apabila suatu jenis makhluk hidup lebih banyak yang meninggal daripada yang lahir maka makhluk hidup tersebut lambat laun akan punah. Di Indonesia terdapat beberapa jenis makhluk hidup yang terancam punah, misalnya badak bercula satu, harimau jawa, dan penyu hijau. Biunatang-binatang tersebut semakin sedikit jumlahnya sebab mereka hanya menghasilkan sedikit keturunan saja, sehingga apabila ada yang mati maka akan semakin berkurang jumlahnya.

Cara berkembang biak tiap jenis makhluk hidup tentunya berbeda-beda, ada yang dengan bertelur, ada yang beranak, ada yang menghasilkan biji, ada yang menghasilkan anakan, dsb.  Namun yang pasti dari proses perkembangbiakan tersebut akan dihasilkan keturunan baru.  Dapatkah kalian menemukan bagaimana binatang-binatang berkembang biak?

Sumber gambar: http://www.google.co.id
* Untuk membuktikan bahwa makhluk hidup berkembang biak lakukan kegiatan berikut.

Kegiatan 9

Carilah beberapa jenis binatang yang banyak terdapat di sekitar rumah atau sekolahmu. Cobalah amati bagaimana binatang-binatang tersebut menghasilkan keturunan baru.  Tuliskan hasil pengamatan kamu dalam tabel berikut.

Tabel pengamatan cara perkembangbiakan binatang
NO NAMA BINATANG CARA BERKEMBANG BIAK
1 Ayam bertelur
2 Belalang
3 Cecak
4 Kupu-kupu
5 Lalat
6
7
8
9
10

Lanjutkan tabel tersebut hingga penuh terisi
  • Dapatkah kalian menemukan persamaan cara berkembang biak binatang-binatang tersebut? .............................................................................
  • Dapatkah kalian menemukan perbedaan binatang yang berkembang biak dengan cara bertelur dan binatang yang berkembang biak dengan cara beranak? ……………………………………………………………..

Kegiatan 10

Tumbuhan juga makhluk hidup. Oleh karena itu tumbuhan juga berkembang biak. Yakinkah kalian bahwa tumbuhan juga berkembang biak? Dapatkah kalian membuktikannya? Untuk itu carilah bermacam-macam bunga yang ada di sekitar sekolah atau di sekitar rumah kalian.  Amatilah bunga-bunga tersebut dengan seksama.
  • Adakah kalian menemukan bagian yang menghasilkan semacam serbuk?  Berapakah jumlahnya?  ……………………………………………
Serbuk pada bunga itu tak lain adalah serbuk sari yang merupakan penghasil alat kelamin jantan (sperma).
  • Selanjutnya carilah bagian yang ada di tengah-tengah kumpulan serbuk sari yang ujungnya agak lengket.  Dapatkah kalian menemukannya?  Bagian inilah yang disebut dengan kepala putik.  Ada berapakah kepala putik bunga yang kalian amati? ………………………………………
  • Samakah jumlah kepala putik berbagai bunga? ……………………………

Di bagian dasar kepala putik itulah tersimpan bakal buah yang di dalamnya mengandung bakal biji.  Di dalam bakal biji itulah tersimpan sel telur. Apabila sel telur telah dibuahi maka biji dan buah akan berkembang sedangkan apabila sel telur tidak dibuahi maka biji dan buah biasanya akan busuk dan jatuh.

Tumbuhan tidak hanya berkembang biak dengan menggunakan biji. Ada banyak tumbuhan yang tidak menghasilkan biji namun mereka tetap dapat berkembang biak. Hal ini dimungkinkan sebab tumbuhan dapat berkembang biak secara tak kawin.
  • Dapatkah kalian menemukan beberapa contoh tumbuhan yang berkembang biaknya tidak dengan biji? ……………………………………..
  • Tahukah kalian hal apa saja yang dilakukan untuk memperkembangbiakkan tumbuhan secara tidak kawin? …………………

Kini tentunya kalian telah yakin bahwa suatu makhluk dapat dikatakan makhluk hidup apabila makhluk tersebut bernafas, makan, bergerak, tumbuh, mereaksi rangsang, dan berkembang biak. Untuk lebih memperkuat pemahaman kalian tentang ciri-ciri hidup, lakukanlah pengamatan lebih lanjut terhadap berbagai benda yang ada di sekitar sekolah atau tempat tinggal kamu. Tentukan apakah benda-benda tersebut termasuk makhluk hidup atau bukan. Sebagai lembar pengamatan kalian dapat mempergunakan tabel pengamatan berikut ini.

Tabel pengamatan makhluk hidup
No NAMA CIRI-CIRI YANG DIAMATI
OBJEK Ber-nafas Makan Ber-gerak Tumbuh Mereaksi rangsang Berkem-bang Biak
1. Angsa
2. Kepompong
3. Sapi
4. Robot
5. Lumut
6. Cacing
7. Biji jagung
8.
9.
10.

Keterangan:
Berilah tanda (+) apabila objek yang kalian amati mempunyai ciri yang dimaksud dan berilah tanda (-) apabila objek yang kalian amati tidak mempunyai ciri yang dimaksud.

Pertanyaan:
1. Obyak mana sajakah yang menurut kalian termasuk makhluk hidup? …………..……………………………………………………………………

Mengapa menurutmu objek tersebut merupakan makhluk hidup? ………….

2.  Obyek mana sajakah yang menurut kalian bukan makhluk hidup? ………….

Mengapa menurutmu objek tersebut bukan makhluk hidup? ……………….

3.   Adakah ciri yang dimiliki makhluk hidup namun juga dimiliki makhluk tak hidup? …………………………………………………………………………

Related posts:

5 comments:

  1. aku di suruh buat tabel....
    Dengan ciri ciri makhluk hidup bergerak dan bereaksi terhadap rangsang,bernapas,perlu makan,tumbuh,berkembang

    BalasHapus
  2. kok tidak bisa di download,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  3. saya minta gambar ciri-ciri mahlukhidup

    BalasHapus
  4. Akan saya lengkapi dengan gambar. Terimakasih atas masukannya... :)

    BalasHapus
  5. aku di suruh buat kliping............
    dngan ciri-ciri makhluk hidup tentang tumbuh,bergerak,bernafas,beradaptasi,peka terhadap rangsang,regulasi,memerlukan makana,ekskresi

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan anda.