KEMAGNETAN (Materi IPA Kelas 9 SMP/MTs)

Kemagnetan (Plassa.net). Pada era teknologi yang serba modern ini magnet memegang peranan yang sangat penting. Dari pengembangan sains,  telah berhasil membuat alat transportasi yang menggunakan magnet yang disebut kereta  api  monorel.  Berbagai  alat  menggunakan  magnet seperti  alat-alat  rumah tangga  dan alat-alat komunikasi. Apakah sebenarnya  magnet  itu?  Bagaimanakah  prinsip  kerja  alat-alat itu berdasarkan kemagnetan?

KEMAGNETAN BAHAN

Kita   dapat   menggolongkan   benda   berdasarkan   sifatnya. Pernahkah kamu melihat benda yang dapat menarik benda logam lain? Kemampuan suatu benda menarik benda lain yang berada di dekatnya   disebut  kemagnetan.   Berdasarkan   kemampuan   benda menarik benda lain dibedakan menjadi dua, yaitu benda magnet dan benda  bukan  magnet.  
Namun,  tidak  semua  benda  yang  berada  di dekat magnet dapat ditarik. Benda yang dapat ditarik magnet disebut benda  magnetik.  Benda  yang  tidak  dapat  ditarik  magnet  disebut benda nonmagnetik.

Benda yang dapat ditarik magnet ada yang dapat ditarik kuat, dan   ada   yang   ditarik   secara   lemah.   Oleh   karena   itu,   benda dikelompokkan  menjadi  tiga,  yaitu  benda  feromagnetik,  benda paramagnetik, dan benda diamagnetik. Benda yang ditarik kuat oleh magnet  disebut  benda  feromagnetik.  Contohnya  besi,  baja,  nikel, dan kobalt. Benda yang ditarik lemah oleh magnet disebut benda paramagnetik. Contohnya platina, tembaga, dan garam. Benda yang ditolak  oleh  magnet  dengan  lemah  disebut  benda diamagnetik. Contohnya timah, aluminium, emas, dan bismuth.
Susunan magnet elementer besi sebelum menjadi magnetSusunan magnet elementer besi setelah menjadi magnet
Benda-benda magnetik yang bukan magnet dapat dijadikan magnet.  Benda  itu  ada  yang  mudah  dan  ada  yang  sulit  dijadikan magnet.  Baja  sulit  untuk  dibuat  magnet,  tetapi  setelah  menjadi magnet sifat kemagnetannya tidak mudah hilang. Oleh karena  itu, baja digunakan untuk membuat magnet tetap (magnet permanen). Besi mudah untuk dibuat magnet, tetapi jika setelah menjadi magnet  sifat  kemagnetannya  mudah  hilang.  Oleh  karena  itu,  besi digunakan untuk membuat magnet sementara. Setiap benda magnetik pada dasarnya terdiri magnet-magnet kecil yang disebut magnet elementer. Cobalah mengingat kembali teori partikel zat di kelas VII. rinsip membuat magnet adalah mengubah susunan magnet elementer yang tidak beraturan menjadi searah dan teratur. Ada tiga cara membuat magnet, yaitu menggosok, induksi, dan arus listrik.

1.  Membuat Magnet dengan Cara Menggosok
Besi  yang  semula  tidak  bersifat  magnet,  dapat  dijadikan magnet. Caranya besi digosok dengan salah satu ujung magnet tetap. Arah gosokan dibuat searah agar magnet elementer yang terdapat pada  besi  letaknya menjadi   teratur  dan  mengarah  ke  satu  arah.
cara membuat magnet dengan menggosok

2.   Membuat Magnet dengan Cara Induksi
Besi  dan  baja  dapat  dijadikan  magnet  dengan  cara  induksi magnet.  Besi  dan  baja  diletakkan  di dekat magnet  tetap.  Magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja akan terpengaruh atau terinduksi  magnet tetap  yang  menyebabkan  letaknya   teratur  dan mengarah ke satu arah. Besi atau  baja akan menjadi magnet sehingga dapat menarik serbuk besi yang berada di dekatnya.
Ujung  besi  yang  berdekatan  dengan  kutub  magnet  batang, akan terbentuk kutub yang selalu berlawanan dengan kutub magnet penginduksi. Apabila kutub utara magnet batang berdekatan dengan ujung A besi, maka ujung A besi menjadi kutub selatan dan ujung B besi  menjadi kutub utara atau sebaliknya.
cara membuat magnet dengan induksi

3.   Membuat Magnet dengan Cara Arus Listrik
Selain  dengan  cara  induksi,  besi  dan  baja  dapat  dijadikan magnet dengan arus listrik. Besi dan baja dililiti kawat yang dihu- bungkan dengan baterai. Magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja akan  terpengaruh aliran arus searah (DC) yang dihasilkan baterai. Hal ini menyebabkan magnet elementer letaknya teratur dan mengarah  ke  satu  arah.  Besi  atau  baja  akan  menjadi  magnet  dan dapat menarik serbuk besi yang berada di dekatnya. Magnet yang demikian disebut magnet listrik atau elektromagnet.
cara membuat magnet dengan mengalirkan arus listrik
Besi yang berujung A dan B dililiti kawat berarus listrik. Kutub magnet yang terbentuk bergantung pada arah arus ujung kumparan. Jika  arah  arus  berlawanan  jarum  jam  maka  ujung  besi  tersebut menjadi kutub utara. Sebaliknya, jika arah arus searah putaran jarum jam  maka  ujung  besi  tersebut  terbentuk  kutub selatan.  Dengan demikian, ujung A kutub utara dan B kutub selatan atau sebaliknya.

cara menyimpan magnet
Setelah  kita  dapat  membuat  magnet  tentu  saja  ingin  menyimpannya. Agar sifat kemagnetan sebuah magnet dapat tahan lama, maka dalam menyimpan magnet diperlukan angker (sepotong besi) yang dipasang pada kutub magnet. Pemasangan angker bertu- juan untuk mengarahkan magnet elementer hingga membentuk rantai tertutup. Untuk menyimpan dua buah magnet batang  diperlukan dua  angker yang dihubungkan dengan dua kutub magnet yang berlawanan.  Jika berupa magnet U untuk menyimpan diperlukan satu angker yang dihubungkan pada kedua kutubnya. Kita  sudah  mengetahui  benda  magnetik  dapat  dijadikan magnet. Sebaliknya magnet juga dapat dihilangkan kemagnetannya. Bagaimana  caranya?  Sebuah  magnet  akan  hilang  sifat  kemagnetannya jika magnet dipanaskan, dipukul-pukul, dan dialiri arus listrik bolak-balik.  Magnet  yang  mengalami  pemanasan  dan  pemukulan akan   menyebabkan   perubahan   susunan   magnet   elementernya. Akibat pemanasan dan pemukulan magnet elementer menjadi tidak teratur dan tidak searah. Penggunaan arus AC menyebabkan arah arus  listrik  yang  selalu  berubah-ubah.  Perubahan  arah  arus  listrik memengaruhi letak dan arah magnet elementer. Apabila letak dan arah magnet elementer berubah, sifat kemagnetannya hilang. 
cara menghilangkan sifat kemagnetan

Latihan !
1.   Apakah yang terjadi pada besi dan baja apabila  arah  gosokan  ujung  magnet tetap arahnya bolak-balik ?
2.   Mengapa   jika   kaca   digosok   dengan magnet  tetap,  berapapun  lamanya   gosokan kaca tidak dapat menjadi magnet?
3.   Mengapa  magnet  yang  dibakar  akan hilang sifat kemagnetannya?

KUTUB MAGNET

kutub magnet
Di awal bab ini kamu sudah mengenal istilah kutub magnet. Selanjutnya di bagian ini kamu akan lebih memperdalam sifat-sifat kutub magnet. Jika magnet batang ditaburi serbuk besi atau paku- paku kecil, sebagian besar serbuk besi maupun paku akan melekat pada kedua ujung magnet. Bagian kedua ujung magnet akan lebih banyak serbuk besi atau paku yang menempel daripada di bagian tengahnya. Hal itu menunjukkan bahwa gaya tarik magnet paling kuat  terletak  pada  ujung-ujungnya.  Ujung  magnet  yang memiliki gaya  tarik  paling  kuat  itulah  yang  disebut  kutub  magnet.  Bagai- manakah menentukan jenis kutub magnet? Sebuah magnet batang yang tergantung bebas dalam keadaan setimbang,  ujung-ujungnya  akan  menunjuk  arah  utara  dan  arah selatan bumi. Ujung magnet yang menunjuk arah utara bumi disebut kutub utara magnet. Sebaliknya, ujung magnet yang menunjuk arah selatan bumi disebut kutub selatan magnet. Setiap  magnet  memiliki  dua  kutub,  yaitu  kutub  utara  dan kutub selatan. Alat yang digunakan untuk menunjukkan arah utara bumi atau geografis disebut kompas.
kompas
Kompas merupakan magnet jarum yang dapat bergerak bebas pada sebuah poros. Pada keadaan setimbang salah satu ujung magnet jarum menunjuk arah utara dan ujung lainnya menunjuk arah selatan. Kamu  sudah mengetahui  bahwa  magnet  mempunyai  dua kutub,  yaitu  kutub  utara  dan  kutub  selatan.  Apabila  dua kutub magnet didekatkan akan saling mengadakan interaksi. Jenis interaksi bergantung jenis-jenis kutub yang berdekatan.  Apakah yang terjadi jika  kutub  utara  sebuah  magnet    didekatkan  dengan  kutub  utara magnet lain? Atau sebaliknya, apakah yang terjadi jika kutub utara sebuah magnet  didekatkan dengan kutub selatan  magnet lain?


Untuk mengetahui interaksi antarkutub dua magnet, cobalah melakukan   kegiatan   berikut   secara  berkelompok.   Sebelumnya, bentuklah  satu  kelompok  yang  terdiri  4  siswa;  2  laki-laki  dan  2 perempuan.

Tujuan: Mengetahui interaksi antarkutub

Alat dan Bahan:
- Magnet batang alnico
- Benang
- Spidol
- Statif
- benang
- magnet
- magnet kertas

Cara Kerja:
praktek interaksi antar kutub magnet
1.  Ikatlah  sebuah  magnet  batang  di  tengah-tengahnya  dan gantungkan pada statif.
2.  Setelah dalam keadaan seimbang, dekati kutub magnet dengan kutub sejenis magnet yang lain.
3.  Amatilah keadaan magnet.
4.  Ulangi  cara  kerja  nomor  2-3,  tetapi  menggunakan  kutub magnet yang berlawanan jenis.

Pertanyaan:
1.  Apa  yang  terjadi  jika  dua  kutub  sejenis  berinteraksi  atau berdekatan?
2.  Apa yang terjadi jika dua kutub berlawanan jenis berinteraksi?
3.  Nyatakan kesimpulan kelompokmu di buku kerjamu.

Kamu  sudah  melakukan  kegiatan  berupa  menginteraksikan dua magnet; jika kutubnya senama akan saling menolak tetapi jika kutubnya  berbeda  akan  saling  menarik.  Pada  saat  dua  magnet terpisah jarak yang jauh, belum terasa adanya gaya tarik atau gaya tolak. Makin dekat kedua magnet, makin terasa kuat gaya tarik atau gaya tolaknya.

Jika di sekitar magnet batang diletakkan benda-benda mag- netik, benda-benda itu akan ditarik oleh magnet. Makin dekat dengan magnet, gaya tarik yang dialami benda makin kuat. Makin jauh dari magnet makin kecil gaya tarik yang dialami benda. Ruang di sekitar magnet  yang  masih  terdapat  pengaruh  gaya  tarik  magnet disebut medan magnet. Pada tempat tertentu benda tidak mendapat penga- ruh gaya tarik magnet. Benda yang demikian dikatakan berada di luar medan  magnet.  Medan  magnet  tidak  dapat  dilihat  dengan  mata. Namun, keberadaan dan polanya dapat ditunjukkan.
arah garis garis gaya magnet
Garis-garis  yang  menggambarkan  pola  medan magnet disebut  garis-garis gaya  magnet.  Garis-garis  gaya magnet  tidak pernah  berpotongan  satu  sama lainnya. Garis-garis  gaya  magnet keluar dari kutub utara, masuk (menuju) ke kutub selatan. Makin banyak jumlah garis-garis  gaya  magnet  makin  besar kuat  medan magnet yang dihasilkan. Apapun bentuknya sebuah magnet memiliki medan magnet yang digambar berupa garis lengkung.

Dua kutub magnet yang tidak sejenis saling berdekatan pola medan  magnetnya juga  berupa  garis  lengkung yang  keluar  dari kutub utara magnet menuju kutub selatan magnet. Bagaimanakah kerapatan pola medan magnet dua kutub magnet yang makin berdekatan?

Pada  dua  kutub  magnet  yang  tak  sejenis,  garis-garis  gaya magnetnya  keluar  dari  kutub  utara  dan  masuk  ke  kutub  selatan magnet lain. Itulah sebabnya dua kutub magnet yang tidak sejenis saling tarik-menarik.

Pada dua kutub magnet yang sejenis, garis-garis gaya magnet yang  keluar  dari  kutub  utara  masing-masing cenderung  saling menolak. Mengapa? Karena arah garis gaya berlawanan, terjadilah tolak-menolak  antara   garis-garis  gaya  yang  keluar  kedua  kutub utara magnet. Hal itulah yang menyebabkan dua kutub yang sejenis saling menolak.
arah garis garis gaya magnet2

Latihan !!!
1.   Apakah  perbedaan  antara  kutub  utara dan kutub selatan sebuah magnet?
2.   Sebutkan  dua  sifat-sifat  kutub  magnet yang saling berdekatan.
3.   Apakah yang dimaksud medan magnet?
4.   Bagaimanakah  pengaruh  jumlah  garis gaya  magnet  terhadap  kekuatan  magnet?


1.   Bumi Sebagai Magnet

Kamu   sudah   mengetahui   sebuah   magnet   batang   yang tergantung  bebas  akan  menunjuk  arah  tertentu.  Pada  bagian  ini, kamu akan mengetahui mengapa magnet bersikap seperti itu. Pada umumnya   sebuah   magnet   terbuat   dari   bahan   besi   dan   nikel. Keduanya memiliki sifat kemagnetan karena tersusun oleh magnet- magnet  elementer.  Batuan-batuan  pembentuk  bumi  juga  mengan- dung  magnet  elementer.  Bumi  dipandang  sebagai  sebuah  magnet batang yang besar yang membujur dari utara ke selatan bumi. Magnet bumi memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan selatan. Kutub utara magnet bumi terletak di sekitar kutub selatan bumi. Adapun kutub  selatan  magnet  bumi  terletak  di  sekitar  kutub  utara  bumi. Magnet  bumi  memiliki  medan  magnet  yang  dapat  memengaruhi jarum kompas dan magnet batang yang tergantung bebas. Medan magnet bumi digambarkan dengan garis-garis leng- kung yang berasal dari kutub selatan bumi menuju kutub utara bumi. Magnet  bumi  tidak  tepat  menunjuk  arah  utara-selatan  geografis. Penyimpangan magnet bumi ini akan menghasilkan garis-garis gaya magnet  bumi  yang  menyimpang  terhadap  arah  utara-selatan  geografis. Adakah pengaruh penyimpangan magnet bumi terhadap jarum kompas?
kemagnetan bumi

2.   Deklinasi  dan  Inklinasi

Ambillah sebuah  kompas dan letakkan di atas meja dengan penunjuk  utara (N) tepat menunjuk arah utara. Amatilah kutub utara jarum kompas. Apakah kutub utara jarum kompas tepat menunjuk arah utara (N)? Berapakah sudut yang dibentuk antara kutub utara jarum kompas dengan arah utara (N)?
sudut deklinasi dan inklinasi

Jika kita perhatikan kutub utara jarum kompas dalam keadaan setimbang tidak tepat menunjuk arah utara dengan tepat.  Penyim- pangan jarum kompas itu terjadi karena letak kutub-kutub magnet bumi tidak tepat berada di kutub-kutub bumi, tetapi menyimpang terhadap letak kutub bumi. Hal ini menyebabkan   garis-garis gaya magnet bumi mengalami penyimpangan terhadap arah utara-selatan bumi.  Akibatnya  penyimpangan  kutub  utara  jarum  kompas  akan membentuk sudut terhadap arah utara-selatan bumi (geografis). Sudut  yang  dibentuk  oleh  kutub  utara  jarum  kompas  dengan  arah utara-selatan geografis disebut deklinasi (Gambar 11.15). Pernahkah kamu memerhatikan mengapa kedudukan jarum kompas tidak mendatar. Penyimpangan jarum kompas  itu terjadi ka- rena garis-garis gaya magnet bumi tidak sejajar dengan permukaan bumi (bidang horizontal). Akibatnya, kutub utara jarum kompas me- nyimpang naik atau turun terhadap permukaan bumi. Penyimpangan kutub utara jarum kompas akan membentuk sudut terhadap bidang datar permukaan bumi. Sudut yang dibentuk oleh kutub utara jarum kompas dengan bidang datar disebut inklinasi (Gambar 11.16). Alat yang digunakan untuk menentukan besar inklinasi disebut inklinator.

MEDAN MAGNET DI SEKITAR ARUS LISTRIK

Tujuan belajarmu adalah dapat:
menjelaskan sifat medan magnet di sekitar kawat berarus listrik.
Arah  penyimpangan magnet   jarum   kompas ketika  berada  di  sekitar arus listrik dapat diterang- kan sebagai berikut.
Anggaplah arus listrik terletak  di  antara  telapak tangan kanan dan magnet jarum  kompas.  Jika  arus listrik   searah   dengan keempat  jari,  kutub  utara magnet  jarum  akan  me- nyimpang  sesuai  ibu  jari. Cara penentuan arah sim- pangan magnet jarum kom- pas  demikian  disebutkai- dah telapak tangan kanan.

Medan  magnet  di  sekitar  kawat  berarus  listrik  ditemukan secara tidak sengaja oleh  Hans Christian Oersted (1770-1851), ke- tika akan memberikan kuliah bagi mahasiswa. Oersted menemukan bahwa di sekitar kawat berarus listrik magnet jarum kompas akan bergerak (menyimpang). Penyimpangan magnet jarum kompas akan makin  besar  jika  kuat  arus  listrik  yang  mengalir  melalui  kawat diperbesar. Arah penyimpangan jarum kompas bergantung arah arus listrik yang mengalir dalam kawat.

Gejala itu terjadi jika kawat dialiri arus listrik. Jika kawat tidak dialiri arus listrik, medan magnet tidak terjadi sehingga magnet jarum kompas tidak bereaksi.

Perubahan   arah   arus   listrik   ternyata   juga   memengaruhi perubahan  arah  penyimpangan  jarum  kompas.  Perubahan  jarum kompas menunjukkan perubahan arah medan magnet.

Bagaimanakah  menentukan  arah  medan  magnet  di  sekitar penghantar berarus listrik?

Jika arah arus listrik mengalir sejajar dengan jarum kompas dari kutub selatan menuju kutub utara, kutub utara jarum kompas menyimpang berlawanan dengan arah putaran jarum jam.

Jika arah arus listrik mengalir sejajar dengan jarum kompas dari kutub utara menuju kutub selatan, kutub utara jarum kompas menyimpang searah dengan arah putaran jarum jam.
medan magnet disekitar kawat  berarus listrik

1.   Pola Medan Magnet di Sekitar Arus Listrik

Gejala  penyimpangan  magnet  jarum  di  sekitar  arus  listrik membuktikan bahwa arus listrik dapat menghasilkan medan magnet.

Arah medan magnet yang ditimbulkan arus listrik dapat diterangkan melalui aturan atau kaidah berikut. Anggaplah suatu peng- hantar berarus listrik digenggam tangan kanan. Perhatikan Gambar

11.18. Jika arus listrik searah ibu jari, arah medan magnet yang timbul searah keempat jari yang menggenggam. Kaidah yang demikian disebut kaidah tangan kanan menggenggam. Tugas Individu !
kaidah tangan kanan

Rancanglah suatu kegiatan untuk membuktikan adanya medan magnet  di  sekitar  penghantar  berarus  listrik.  Peralatan  yang  tersedia antara lain serbuk besi, penghantar, kertas, dan baterai. Gambarlah sketsa model kegiatanmu.

2.   Solenoida

medan magnet pada kawat melingkar berarus listrikPada  uraian  sebelumnya  kamu  sudah  mempelajari  medan magnet yang timbul pada penghantar lurus. Bagaimana jika peng- hantarnya  melingkar  dengan  jumlah  banyak?  Sebuah  penghantar melingkar jika dialiri arus listrik akan menghasilkan medan listrik seperti Gambar 11.19. Penghantar  melingkar  yang  berbentuk  kumparan  panjang disebut solenoida. Medan magnet yang ditimbulkan oleh solenoida akan lebih besar daripada yang ditimbulkan oleh sebuah penghantar melingkar,  apalagi  oleh  sebuah  penghantar  lurus.  Tahukah  kamu mengapa demikian?
Jika  solenoida  dialiri  arus  listrik  maka  akan  menghasilkan medan magnet. Medan magnet yang dihasilkan solenoida berarus listrik bergantung pada kuat arus listrik dan banyaknya kumparan. Garis-garis gaya magnet pada solenoida merupakan gabungan dari garis-garis gaya magnet dari kawat melingkar. Gabungan itu akan menghasilkan  medan  magnet  yang  sama  dengan  medan  magnet sebuah   magnet   batang   yang   panjang.   Kumparan   seolah-olah mempunyai  dua  kutub,  yaitu  ujung  yang  satu  merupakan  kutub utara  dan  ujung  kumparan  yang  lain  merupakan  kutub  selatan.

Latihan !
1.   Apakah   pengaruh   arah   arus   listrik terhadap arah medan magnet?
2.   Bagaimanakah pola medan magnet dari kawat berarus listrik?
3.   Di manakah titik yang memiliki medan magnet  paling  kuat    pada  kawat  me lingkar berarus listrik?
4.   Tentukan letak kutub utara dan selatan
cara menentukan kutub elektromagnetik

ELEKTROMAGNET

Tujuan belajarmu adalah dapat:
menjelaskan  cara  kerja elektromagnet dan penerapannya dalam bebera- pa teknologi.

Masih ingatkah kamu cara membuat magnet menggunakan arus listrik? Di bagian ini kamu akan lebih mendalami tentang magnet listrik   tersebut.   Magnet   listrik   atau   elektromagnet   sangat   erat hubungannya dengan solenoida.

Medan magnet yang dihasilkan oleh solenoida berarus listrik tidak terlalu kuat. Agar medan magnet yang dihasilkan solenoida berarus listrik bertambah kuat, maka di dalamnya harus dimasukkan inti besi lunak. Besi lunak merupakan besi yang tidak dapat dibuat menjadi magnet tetap. Solenoida berarus listrik dan dilengkapi de- ngan besi lunak itulah yang dikenal sebagai elektromagnet.

1.   Faktor  yang  Memengaruhi  Kekuatan  Elektromagnet

Apakah  yang  memengaruhi  besar  medan  magnet  yang  dihasilkan elektromagnet? Sebuah elektromagnet terdiri atas tiga unsur penting, yaitu jumlah lilitan, kuat arus, dan inti besi.

Makin banyak lilitan dan makin besar arus listrik yang mengalir, makin besar medan magnet yang dihasilkan. Selain itu medan magnet yang dihasilkan elektromagnet juga tergantung pada inti besi yang digunakan. Makin besar (panjang) inti besi yang berada dalam solenoida,  makin  besar  medan  magnet  yang  dihasilkan  elektromagnet. Jadi kemagnetan sebuah elektromagnet bergantung   besar kuat  arus  yang  mengalir,  jumlah  lilitan,  dan  besar  inti  besi  yang digunakan.

Elektromagnet menghasilkan medan magnet yang sama dengan medan magnet sebuah magnet batang yang panjang. Elektromagnet juga mempunyai dua kutub yaitu ujung yang satu merupakan kutub utara dan ujung kumparan yang lain merupakan kutub selatan.

Dibandingkan magnet biasa, elektromagnet banyak mempu- nyai  keunggulan.  Karena  itulah  elektromagnet  banyak  digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa keunggulan elektromagnet antara lain sebagai berikut.

a.    Kemagnetannya dapat diubah-ubah dari mulai yang kecil sampai yang besar dengan cara mengubah salah satu atau ketiga dari kuat arus listrik, jumlah lilitan dan ukuran inti besi.

b.   Sifat kemagnetannya mudah ditimbulkan dan dihilangkan dengan  cara  memutus  dan  menghubungkan  arus  listrik  meng- gunakan sakelar.

c .   Dapat dibuat berbagai bentuk dan ukuran sesuai dengan kebutuhan yang dikehendaki.

d.   Letak kutubnya dapat diubah-ubah dengan cara mengubah arah arus listrik.

Kekuatan elektromagnet akan bertambah, jika:
a.  arus yang melalui kumparan bertambah,
b.  jumlah  lilitan  diperbanyak,
c.  memperbesar/memperpanjang inti besi.

Latihan
1.   Apakah yang dimaksud elektromagnet?
2.   Sebutkan tiga cara memperbesar medan magnet yang dihasilkan elektromagnet.

2.   Kegunaan  Elektromagnet

Beberapa  peralatan  sehari-hari  yang  menggunakan  elektromagnet antara lain seperti berikut.

a.   Bel  listrik

Bel listrik terdiri atas dua elektromagnet dengan setiap solenoida  dililitkan  pada  arah  yang  berlawanan  (perhatikan  Gambar11.21). Apabila sakelar ditekan, arus listrik akan mengalir melalui solenoida. Teras besi akan menjadi magnet dan menarik  kepingan besi lentur dan pengetuk akan memukul bel (lonceng) menghasilkan bunyi. Tarikan kepingan besi lentur oleh elektromagnet akan me- misahkan titik sentuh dan sekrup pengatur yang berfungsi sebagai interuptor.  Arus  listrik  akan  putus  dan  teras  besi  hilang  kemag- netannya. Kepingan besi lentur akan kembali ke kedudukan semula. Teras besi akan menjadi magnet dan menarik  kepingan besi lentur dan  pengetuk  akan  memukul  bel  (lonceng)  menghasilkan  bunyi kembali. Proses ini berulang-ulang sangat cepat dan bunyi lonceng terus terdengar.
skema bel listrik

b.   Relai

Relai berfungsi sebagai sakelar untuk menghubungkan atau memutuskan  arus  listrik  yang  besar  pada  rangkaian  lain  dengan menggunakan arus listrik yang kecil. Ketika sakelar  S ditutup arus listrik  kecil  mengalir  pada  kumparan.  Teras  besi  akan  menjadi magnet  (elektromagnet)  dan  menarik  kepingan  besi  lentur.  Titik sentuh  C  akan  tertutup,  menyebabkan  rangkaian  lain  yang  mem- bawa arus besar akan tersambung. Apabila sakelar S dibuka, teras besi hilang kemagnetannya, keping besi lentur kembali ke kedudukan semula. Titik sentuh C terbuka dan rangkaian listrik lain terputus.

c.    Telepon

Telepon   terdiri   dari   dua   bagian   yaitu   bagian   pengirim (mikrofon)  dan  bagian  penerima  (telepon).  Prinsip  kerja  bagian mikrofon  adalah  mengubah  gelombang  suara  menjadi  getaran- getaran  listrik.  Pada  bagian  pengirim  ketika  seseorang  berbicara akan  menggetarkan  diafragma  aluminium.  Serbuk-serbuk  karbon yang  terdapat  pada  mikrofon  akan  tertekan  dan  menyebabkan hambatan  serbuk  karbon  mengecil.  Getaran  yang  berupa  sinyal listrik akan mengalir melalui rangkaian listrik.

Prinsip kerja bagian telepon adalah mengubah sinyal listrik menjadi gelombang bunyi. Sinyal listrik yang dihasilkan mikrofon diterima oleh pesawat telepon. Apabila sinyal  listrik berubah-ubah mengalir  pada  kumparan,  teras  besi  akan  menjadi  elektromagnet yang kekuatannya berubah-ubah (perhatikan Gambar 11.23). Dia- fragma  besi  lentur  di  hadapan  elektromagnet  akan  ditarik  dengan gaya yang berubah-ubah. Hal ini menyebabkan diafragma bergetar. Getaran  diafragma  memengaruhi  udara  di  hadapannya,  sehingga udara akan dimampatkan dan direnggangkan. Tekanan bunyi yang dihasilkan sesuai dengan tekanan bunyi yang dikirim melalui mi- krofon.

d.   Katrol  Listrik

Elektromagnet  yang  besar  digunakan  untuk  mengangkat sampah logam yang tidak terpakai. Apabila arus dihidupkan katrol listrik akan menarik  sampah besi dan memindahkan ke tempat yang dikehendaki. Apabila arus listrik dimatikan, sampah besi akan jatuh. Dengan cara ini sampah yang berupa tembaga, aluminium, dan seng dapat dipisahkan dengan besi. Kebaikan katrol listrik adalah:
a.    mampu mengangkat sampah besi dalam jumlah besar
b.   dapat  mengangkat/memindahkan  bongkahan  besi  yang  tanpa rantai
c .   membantu memisahkan antara logam feromagnetik dan bukan feromagnetik.
pengangkut logam

Latihan

1.   Mengapa menambah jumlah lilitan dapat menghasilkan kemagnetan yang lebih besar?
2.   Bagaimana  cara  penentuan  elektromagnet?

GAYA LORENTZ

Di   depan   telah   dijelaskan   bahwa   kawat   berarus   listrik menimbulkan medan magnet. Apakah yang terjadi jika kawat berarus listrik berada dalam medan magnet tetap?

Interaksi  medan  magnet  dari  kawat  berarus  dengan  medan magnet tetap akan menghasilkan gaya magnet. Pada peristiwa ini terdapat hubungan antara arus listrik, medan magnet tetap, dan gaya magnet.  Hubungan  besaran-besaran  itu  ditemukan  oleh  fisikawan Belanda, Hendrik Anton Lorentz (1853-1928). Dalam penyelidikan- nya  Lorentz  menyimpulkan  bahwa  besar  gaya  yang  ditimbulkan berbanding  lurus  dengan  kuat  arus,  kuat  medan  magnet,  panjang kawat dan sudut yang dibentuk arah arus listrik dengan arah medan magnet.  Untuk  menghargai  jasa  penemuan  H.A.  Lorentz,  gaya tersebut disebut gaya Lorentz. Apabila arah arus listrik tegak lurus dengan arah medan magnet, besar gaya Lorentz dirumuskan.
Dengan: F = B . I . l
F = gaya Lorentz satuan newton (N)
B = kuat medan magnet satuan tesla (T).
l = panjang kawat satuan meter (m)
I = kuat arus listrik satuan ampere (A)

Berdasarkan rumus di atas tampak bahwa apabila arah arus listrik tegak lurus dengan arah medan magnet, besar gaya Lorentz bergantung pada panjang kawat, kuat arus listrik, dan kuat medan magnet. Gaya Lorentz yang ditimbulkan makin besar, jika panjang kawat, kuat arus listrik, dan kuat medan magnet makin besar. Kawat panjangnya 2 m berada tegak lurus dalam medan magnet 20 T. Jika kuat arus listrik yang mengalir 400 mA, berapakah besar gaya Lorentz yang dialami kawat?

Penyelesaian:

Diketahui:   l = 2 m
                 B = 20 T
                  I = 400 mA = 0,4 A
Ditanya:   F = ... ?
Jawab:    F = B x I x l
                  = 20 x 0,4 x 2
                  = 16 N

Arah gaya Lorentz bergantung pada arah arus listrik dan arah medan  magnet.  Untuk  menentukan  arah gaya  Lorentz  digunakan kaidah  atau  aturan  tangan  kanan.  Caranya  rentangkan  ketiga  jari yaitu ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah sedemikian hingga membentuk sudut 90 derajat  (saling tegak lurus). Jika ibu jari menunjukan arah arus listrik (I) dan jari telunjuk menunjukkan arah medan magnet (B) maka arah gaya Lorentz searah jari tengah (F). Dalam bentuk tiga dimensi, arah yang tegak lurus mendekati pembaca diberi simbol. Adapun arah yang tegak lurus menjauhi pembaca diberi simbol.
kaidah tangan kanan gaya lorentz

Gaya Lorentz yang ditimbulkan kawat berarus listrik dalam medan magnet dapat dimanfaatkan untuk membuat alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Alat yang menerapkan gaya Lorentz adalah motor listrik dan alat-alat ukur listrik. Motor listrik banyak dijumpai pada tape recorder, pompa air listrik, dan komputer.  Adapun,  contoh  alat  ukur  listrik  yaitu  amperemeter, voltmeter, dan ohmmeter.

Latihan !
1. Sebutkan  tiga  cara  memperbesar  gaya Lorentz  yang  ditimbulkan kawat  berarus dalam medan magnet !
2. Berdasarkan gambar berikut, tentukan besarnya gaya Lorentz. (I = 4 A, B = 8 T, l = 10 m)
 menetukan gaya lorentz
3. Tentukan arah gaya Lorentz gambar berikut.
 menetukan gaya lorentz2

Apabila masih ada materi yang belum kamu pahami, tanyakan pada gurumu. Setelah paham, maka pelajarilah bab selanjutnya.

Istilah - istilah penting
interuptor :  pemutus  arus.
kemagnetan :  gejala fisika pada bahan yang memiliki kemampuan menimbulkan medan magnet.
kutub magnet :  kedua ujung besi (magnet) yang paling kuat daya tariknya.
magnet elementer :  bagian terkecil dari magnet yang masih mempunyai sifat magnet.
motor listrik :  alat untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak.
solenoida :  kumparan yang panjang.
relai :  alat yang bekerja atas dasar penggunaan arus yang kecil untuk menghubungkan atau memutuskan arus listrik yang besar.

Kerjakan soal-soal berikut di buku kerjamu

1.  Sebutkan  sifat-sifat  dua  kutub  magnet yang saling berdekatan.
2.  Sebutkan tiga faktor yang memengaruhi besar  medan  magnet  yang  dihasilkan oleh elektromagnet.
3.  Sebutkan tiga faktor yang memengaruhi besarnya gaya Lorentz.
4.  Sebuah kawat panjangnya 10 m berada tegak lurus dalam medan magnet sebesar 60   tesla.   Jika   kuat   arus   listrik   yang mengalir pada kawat 2 A, tentukan be- sarnya gaya Lorentz.
5.  Ke  manakah  arah  medan  magnet,  bila arah  gaya  Lorentz  dan  arah  arus  ditun- jukkan gambar berikut?

Sumber:
Sukis Wariyono, Yani Muharomah. Mari belajar ilmu alam sekitar 3: Panduan Belajar IPA terpadu untuk kelas IX SMP/MTs. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Related posts:

177 komentar:

  1. Blog ini asli bagus... Bgt

    BalasHapus
  2. buat yg udah buat blog ni....
    makasih buangetzzz.....
    ni ni blog bagus buangetzzz....

    BalasHapus
  3. aduh nih blog ngebantu aku ulangan bgt.hahaha

    BalasHapus
  4. pake gambar ngapa !!

    BalasHapus
  5. WAhh......
    Blog nE maNg BuaGUs Bgt DeH,,,,,
    Tp krNG gmBr,,,,

    BalasHapus
  6. Bagus untuk belajar di warnet maupun di rumah !!

    BalasHapus
  7. is very good in this science

    BalasHapus
  8. Thanx ,, dah ngbntu kami !!
    Ngrjaiin tgs ! IPA tntng kemagnetan..
    Ng'rangkum nya .. ok bgdh !

    BalasHapus
  9. good blog ..

    thanks for someone has made this blog ..

    it so help me ..

    :)

    BalasHapus
  10. keren abiZZ..............
    isinya lengkap banget...
    thank's yuups.....

    BalasHapus
  11. Hhe, makasih bgt yaa bwatt yg udah bikin . . .
    Soalnya gw bener2 ga ngerti soal ini

    BalasHapus
  12. MKSH, AKAN SEGERA DI LENGKAPI DENGAN GAMBAR

    BalasHapus
  13. Dinke Madelaine1 Februari 2009 23.46

    Kpada pak Memet, mkasih yaaaa infonya lengkap banget!!!
    tugasku jadi slese tanpa harus nyari k mana-mana

    BalasHapus
  14. magnet adl suatu bnda yg bsa trik mnrik / tlak mnlak dgn bnda logam besi

    BalasHapus
  15. blog ini da ngebantu bgt.
    makasih ya untuk yang udah ngebuat blog ini.
    tapi, kenapa ga da gambarnya??

    BalasHapus
  16. uuuuuuuuhhhhhhhhhh..........
    gambar nya mna ????????..........

    BalasHapus
  17. bagus banget, kalau bisa tambahkan soal-soal dan kunci jawabannya setiap teori-teorinya. sehingga bisa membantu guru-guru yang ingin memberikan soal-soal kepada siswa dan siswi nya

    BalasHapus
  18. blog ini sangat bantu gw untuk nyari artikel

    BalasHapus
  19. tnx beud nyo dah bntu tgas w! luph u................... muach.................................................................................................

    BalasHapus
  20. wah wah wah ... gra" ini blog gwe bisa cari tugas dgn lancar..
    heheheee.. tpi g da gmbar g bsa ngebayanginnya.. huh~
    tpi gpp de ... ksih gmbar ya biar aku bsa tw... ^^

    BalasHapus
  21. nuhun pisan tos ngabantu tugas IPA I

    BalasHapus
  22. ada contoh barang laen gag yng menggunakan elektromagnetik?

    BalasHapus
  23. isinya lengkap bgt,tp ada yg krng

    BalasHapus
  24. wadooo....
    thankss bangett yaa....
    bagusss bangett...

    BUKAN SEMBARANG BLOG..
    dan Yg membuat.
    BKAN SEMBARANG BLOGER..
    hahhahahahahahha

    thanksss

    BalasHapus
  25. budi santoso3 Maret 2009 02.55

    thanks ya info nya, kalo bisa tolong dong lampirkan soal - soal nya yang objektif minimal 30 soal yang sesuai dengan meteri pembahasan

    BalasHapus
  26. ria in junia7 Maret 2009 01.21

    thnx blognya ya

    jd siap nie PR q

    BalasHapus
  27. bisa gk blog nya di tambah dgn kerja cara jgn hanya dgn tulisan,, walaupun kita harus mencari makna dan caranya sendiri,, tetapi terkadang kita harus mengerti dari dalam nnt baru kita mencoba sendiri..

    thQ yAcH~!!!

    BalasHapus
  28. gilaa.... good bgt nie blog, bgus juga plus bermanfaat bgt. thanks yach...

    BalasHapus
  29. Bagus kak, nanti bwat lebih banyak lg

    BalasHapus
  30. memetmulyadi16 Juli 2009 14.38

    Insya Allah, nanti sy tulis materi yg lainnya. semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  31. Bagus. Agar supaya bisa menjawab soal un dengan baik.

    BalasHapus
  32. bs gak bwt yg tentang fisika & bio, bwt tambah referensi

    BalasHapus
  33. kUrANg LengKaph

    BalasHapus
  34. ok, tp coba pke gmbar.. bakalan ldieh ok

    BalasHapus
  35. Moch.Choiron.A19 Oktober 2009 23.44

    kURaNg LEngKap GaK AdA BIOLOGINYa

    BalasHapus
  36. Thx bu4d bl0gny y4...

    BalasHapus
  37. blog ini sangat bagus untuk pelajar dan mudah di pahami..
    saya harap ada lebih banyak macam materi yang ada..
    Trima kasih..

    BalasHapus
  38. aku salut karena blog ini menarik banget dan mendidik , kirimkan materi yang lain ke email ku sdmenuransatu@yahoo.com , makasih

    BalasHapus
  39. Vhica murid spendel makassar13 November 2009 22.24

    : T.O.P bget dehc..

    tpi gambar'y kurang :)
    bkin yg lebih lngkap lge yhaa :)
    n klo bsa krim ke emailqu Vhicamaniezzt@rocketmail.com

    makasiiii :D

    BalasHapus
  40. good. . good. .
    gw ska ma blog ne. .
    thnx for yg bkin. . :)

    BalasHapus
  41. iqbal khamdani6 Januari 2010 18.49

    materi-materi kemagnetan yang lebih lengkap

    BalasHapus
  42. bgus bnget..
    lngkp..
    tapi sayang mgkn kurang berwarna...
    dikembangin lagi yooooo...
    ^_^

    BalasHapus
  43. klo da lgi krim juga ke email Q..
    happyly_q@yahoo.co.id
    thanksss

    BalasHapus
  44. ok lah blogx... klaw semua blogkayk gni, bayr ngenet gak bkal mahal2 amat... hehehe

    BalasHapus
  45. SY SKA BLOG NI INFOX LENGKAP.......
    ILMU YANG SAYA DAPAT JG BERMANFAAT BAGI SAYA....

    BalasHapus
  46. Tq banget ya buat pembuat WEB

    BalasHapus
  47. Bagus bnged pemahaman nya.
    smua na lengkap.
    cepat di mengerti,,,,,
    bguz,,,bguz,,,,,

    BalasHapus
  48. thank'sZt bUeD wAt NuI BLOG,,I hope blog nie bza bRmanfaat WaT oRaNG" YaNG nG'BACA nYa,,,???AmIeeeeeeeeeeeeNNNNNNNNNN?????

    BalasHapus
  49. keterangan kegunaan Elektromagnetik nya sangat lengkap..

    BalasHapus
  50. susah jg yhua...
    hehehe..

    BalasHapus
  51. waw...lengkapnya

    BalasHapus
  52. kamusnya kurang lengkap.....!!yang penting hepy.....??

    BalasHapus
  53. tentang bumi sebagai magnet harus lebih lengkap lagi.,.

    BalasHapus
  54. miya almiyanti bf25 Januari 2010 22.46

    kREn.... bUanGeTtt"''''

    BalasHapus
  55. muhammad arif zulmi27 Januari 2010 20.22

    bagus

    BalasHapus
  56. Wah,,, Materinya sangat bagus,,, mempermudah kita untuk mempelajarinya,,,, ii adalh blog yang lengkap,, tetapi kurang dengan gambar,,, jika sudah lengkap tolong dikirim ke email : anantesya@yahoo.com jika bisa,,, :D

    BalasHapus
  57. baghus buanget ne...............

    BalasHapus
  58. mana kok katrol listrik dak ada

    BalasHapus
  59. blog ini sangat bagus. dan sangat membantu. thanks so much.

    BalasHapus
  60. tapi saya sedilit tidak mengerti mengenai kaidah tangan kanan dan GGL induksi. bisa kasih penjelasan lebih terperinci, tapi simple gag????????

    BalasHapus
  61. aku suka dengan materi ini, kalau bisa di tambah lagi.

    BalasHapus
  62. yarhamuna astriya9 Februari 2010 04.28

    duhh bantuin w dong.
    w lg da tugas tentang cara kerja bell listrik... tp susah bgt pda gak lengkap
    hmmmhhmmm thx ya materi ini ngebantu w.. tp w msih butuh yang lebih banyak lagi

    BalasHapus
  63. yarhamuna astriya9 Februari 2010 04.32

    duhhh w minta bantuan kalian ya...
    masalahnya w suka bgt ma fisika.. jd w gk mau nilai w jelek

    BalasHapus
  64. gw pikir.. tentang kemagnetan di blog ini udah cukup bagus..

    BalasHapus
  65. Ramadhani Kiranawati15 Februari 2010 01.15

    bguz bnged bLognya. udah gitu lengkap nd' mudang dimengerti agy.. tapi, gambarnya ditambahin ya...

    BalasHapus
  66. mudah2n dgn da.a ini ,,
    aku bsa memehami tentang kemagnetan itu,, amien,,

    BalasHapus
  67. cicih juarsih spd21 Februari 2010 22.04

    Bagus banget blognya ngebantu banget buat sy sebagai guru sesuai dengan materi yang akan diajarkan , coba ditambah animasi

    BalasHapus
  68. ass,
    terimakasih bLognya sangat membantu!!!

    boleh tanya ga??
    kLo pada cara pembuataan magnet dengan metode pengosokan,
    misal magnet dengan kutub U dan S digosokan pada besi A dan B kearah B (pada magnet, kutub S yang digosokan ke besi),

    A tadi jadi kutub apa ya??
    truz B jadi kutub apa??
    tolong dijawab, terimakasih sebelumnya
    =)

    BalasHapus
  69. sabil muhammad6 April 2010 23.00

    mksih bnyak mas
    dngan ini aku bsa presentasi di sekolah dngn baik
    dan insyallah saya bsa menghadapinya ?
    ( AMIN )
    :)

    BalasHapus
  70. PENJELASANNYA BAGUS N LENGKAP......
    THANKS YA...

    BalasHapus
  71. makasih banget

    BalasHapus
  72. makasihh ya mass...

    bahan ini bantu aq bgt buat ujian mikroteaching :)

    BalasHapus
  73. wAwAWahhhhh...
    :)
    AKHIR'A k TeMu juga DiSini

    thx y!!

    BalasHapus
  74. Woooww....

    Terima Kasih ea....

    Ini sangat membantu......

    BalasHapus
  75. mksh bnget bt materi yang disajikan,,,,,ini sangat2 membantu bt saya

    BalasHapus
  76. tanks udh ngebantu...............................

    BalasHapus
  77. thx yaa buad bantuannya...

    gw dapat yg gw maw... :D

    BalasHapus
  78. matur nuwun gih mas sampun kerso nulis materi meniko, saget nambah wawasan tentang kemagnetan..... lan tak aturi nambah materi sanesipun....!

    BalasHapus
  79. Sama2. mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung. :)

    BalasHapus
  80. kak bwt soal donk!!

    BalasHapus
  81. Iya boleh... nanti akan di buat soal2 untuk latihan, mohon bersabar. :)

    BalasHapus
  82. pak /bu.,.
    mkasih ma informasinya
    isi.na bagus,,.,.
    bisa gak tulis soal lewat email,,.

    BalasHapus
  83. y ampn thank you very much .. GBUF~

    BalasHapus
  84. bgus.........
    blognya
    lengkap..

    BalasHapus
  85. YES THIS BLOG IS SO GOOD AND COMPLETE AND ARE SUPPORTING OUR DUTY NGERJAIN. THANK YOU ......

    BalasHapus
  86. yes this blog is good and complete but less pictures only. and thanks for helping to do our job.

    BalasHapus
  87. blogg nya lengkap banget dahh..

    BalasHapus
  88. Makasih.. utk Nanda.. atas kunjungannya... :)

    BalasHapus
  89. pe-er ku bisa rampung dehhhh................. makasih yaaa......

    BalasHapus
  90. Artikelnya lengkap banget,udh gt bahasanya komunikatif jd gampang dimengerti! Persiapan lomba gue jadi terbantu nih,thanks! :D

    BalasHapus
  91. Sumber belajar bagi siswa, juga guru, semoga bermanfaat bagi kita semua

    BalasHapus
  92. i like it ..
    plus of memory !

    BalasHapus
  93. bgus bnget ni blog ...
    mkasih untuk yg udah buat nya ...

    BalasHapus
  94. Boleh... yg penting bermanfaat. :)

    BalasHapus
  95. Terimakasih atas kunjungan dan apresiasinya.... :)

    BalasHapus
  96. Anak SpaRTaCk's20 Januari 2011 16.10

    semoga ********* juara atau minimal menjadi runner up tahun ini amiin,,,
    go **********,,,
    go barcelona,,,
    go timnas,,,
    go spanyol,,
    ronaldo ******,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  97. Mantap gan !!!!
    makasih atas pengetahuannya :)

    BalasHapus
  98. Yoga Pardiansyah24 Januari 2011 21.22

    aduhh tugas lagi tugas lagi

    BalasHapus
  99. thanks nih......

    BalasHapus
  100. wah...
    thanks buat blog nya...
    jadi mkin paham nih... :D

    BalasHapus
  101. makasih ya... udh sangat membantu utk mengerjakan tugas Fisika saya

    BalasHapus
  102. inimah semuanya ada di buku paket BSE IPA Kelas IX

    BalasHapus
  103. Dsini labih lngkp dripda d bku

    BalasHapus
  104. Ni MaTeRi yg lEnKap n' baguSSss
    ManTAapz

    BalasHapus
  105. tHank's materi na . . .
    bantu TugAs aq...

    BalasHapus
  106. betul betul betul............

    BalasHapus
  107. Eva prastika kusuma wardani6 Februari 2011 23.31

    Terimakasih ya,

    dengan ini saya jadi lebih mengerti pelajaran fisika yang di berikan di sekolah, dan di tempat les , thanks :-)

    BalasHapus
  108. Asri Nurlathifah Fauziyyah15 Februari 2011 22.54

    ini sma bgt kyak di buku paket. tpi alhamdulillah deh bisa membantu. thanks
    saran : pengen lebih komplit, beda sma buku yg laennya hehehehe

    BalasHapus
  109. TERIMA KASIH EA

    KARENA TELAH MEMBANTU PEKERJAAN SAYA

    BalasHapus
  110. asseekk
    tugasku langsung slesai nih
    makasih banyak buat yang bkin blog nih

    BalasHapus
  111. mau nanya ni, mengapa kutub utara jarum kompas menunjuk ke kutub utara bumi seolah-olah kutub yang sejenis tarik-menarik?

    BalasHapus
  112. Kutub utara jarum kompas menunjuk ke arah utara bumi karena di sekitar arah utara bumi terdapat kutub selatan magnet bumi.

    BalasHapus
  113. Blog yang sangat bermanfaat. Karena buku paket saya hilang jadi saya belajar di blog ini dan materinya juga sama seperti di buku saya yang hilang dan bahasanya lebih mudah dimengerti. Terima kasih buat Pak Memet Mulyadi

    BalasHapus
  114. terimakasih atas informasinya
    namun saya selalu bingung dengan satu hal

    apakah penghasilan dari blog seperti anda CUKUP?
    PTC?

    tak tertarikkah dengan adsense?

    atau buat anda blogging hanya sekedar hobby?

    terimakasih

    BalasHapus
  115. ng****t aja mas

    BalasHapus
  116. numpang nanya alat yang menerapkan GGC induksi apa yach

    BalasHapus
  117. makaciih yach... blog ni emaank berguna...

    BalasHapus
  118. Izlah Cah Moeslim22 Juli 2011 20.30

    bagaimana cranya mencari artikel di link ini

    BalasHapus
  119. Jazakumulloh...atas artikel yang 'berisi' ini...!

    BalasHapus
  120. fadel Thedarknesss28 Oktober 2011 00.20

    bagusssssss

    BalasHapus
  121. Thanks.. Karena artikel ini aku dpet ngumpulin tugas... Walau ua nggak tau isiny apa....

    BalasHapus
  122. thanks ya sesuai dgn yg aq cari yg di suruh guru thanks ya

    BalasHapus
  123. You clearly know your stuff. Wish I could think of something clever to write here. Thanks for sharing.

    BalasHapus
  124. klau bisa gmbarnya ada wrna nya donk...!!!

    BalasHapus
  125. semoga lebih akurat dg percobaan"nya.good job!^^

    BalasHapus
  126. hesty marlyana p10 Januari 2012 23.11

    membantu sekali., tapi aeropoiknya ngga' ada? :)

    BalasHapus
  127. cindy kartika sari13 Januari 2012 01.42

    terimakasih,ini sangat membantu saya dan teman teman saya :)

    BalasHapus
  128. .mau tanyak , menurut asalnya magnet itu ada berapa jenis ?
    .makasiiih :D

    BalasHapus
  129. blog nya TOP BEGETE pak :D

    BalasHapus
  130. Thanks for Mr. Edi Juandi...
    Yg udh ngsih tw blog nii... :)

    BalasHapus
  131. terima kasih,,,,,

    BalasHapus
  132. waah,, lengkap banget...
    thanks ya buat yg punya ni blog...

    BalasHapus
  133. Wahyu Dwi prasetyo17 Januari 2012 21.46

    blognya muaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnntabbbbbbbbbbb..............!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  134. Wahyu Dwi prasetyo17 Januari 2012 21.49

    rekha mg udh ngerjain??????????????

    BalasHapus
  135. henrikayuliana chiybhiy chiybhiy uummuuaacchh17 Januari 2012 21.55

    thanks,, yha udh ngbntuin aq mengrjkn soal2 ipa fisika tentng kemagnetan,,,,,

    BalasHapus
  136. Fadhilah m.s - 9.117 Januari 2012 21.58

    terima kasih ya pak.......

    BalasHapus
  137. Wahyu Dwi prasetyo 9217 Januari 2012 22.40

    blog nii emang maknyus bnar-bnar top bgt.,.,...!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  138. Blog nya bagus (y) sangat ngbantu aku :) Makasih yaah :D

    BalasHapus
  139. yuni maulida_9.118 Januari 2012 21.17

    m4k4siih bwat BLOG nui ....

    BalasHapus
  140. andika rama_9219 Januari 2012 00.08

    1 kata....
    MmAaannnnntaaaaaapppppp!

    BalasHapus
  141. smuaaa yngg aqq carii adaa.... :)
    mkasiiihhhh...

    kluu ada lgiii krimm ajha yhaaa... dana_simissbosy@ymail.com

    BalasHapus
  142. Yipiie ! Thanks
    Tugas selesai dehh (:

    BalasHapus
  143. wahyu dwi setyawan24 Januari 2012 04.38

    thanks ya yg buat blog nea...
    saya senang sekali tugasku akhir siap sanggaaattt membantu.....

    BalasHapus
  144. bagus banget , lebih lengkap daripada buku saya,,
    thank's buat yang bikin blog ini

    BalasHapus
  145. minta gambar sketsa, fungsi, cara kerja dan bagian bagian dari katrol listrik ,
    pleasee :)

    BalasHapus
  146. pricilia purba30 Januari 2012 00.36

    thank's for this blog.........

    BalasHapus
  147. info bagus.... yang butuh lks ipa kunjungi : w*h*n*c*rp.blogspot.com

    BalasHapus
  148. memang baner-bener lengkap

    BalasHapus
  149. Nice,, mantap OM..
    Makasih ... :D

    BalasHapus
  150. INFORMASI YG SANGAT BERGUNA TERIMA KASIH 1000X

    BalasHapus
  151. infonya bergun banget nih,bantu buat ulangan hahahaha

    BalasHapus
  152. Makasi atas info nya !!! Berguna amat buat makalah saya !!!
    Thank's

    BalasHapus
  153. Thanks materinya,, lengkap banget,,

    BalasHapus
  154. makasih bro..
    ngebantu banget buat ulangan

    BalasHapus
  155. Thanks udh buat ngerti tntng bab kemagnetan;)

    BalasHapus
  156. apa itu dipol magnet ya???

    BalasHapus
  157. blog yang sangat bagus mencakup semua materi bab tentnag kemagnetan,lanjutkan terus n semoga blog nie sukses

    BalasHapus
  158. @all : makasih atas kunjungannya semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  159. bwat yank udah buat blog ini mkazih buangeetzz,,, karena ini berguna baget....
    thanks

    BalasHapus
  160. Wkwkwkkwk , Kebetulan Ane Gk Nyatat , Besok Ada Ulangan :D
    Thx Gn

    BalasHapus
  161. Thank's udah bnatu bangett

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan anda.