Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

Sisem Peredaran darah pada manusia (Plassa). Sistem sirkulasi/peredaran darah membahas mengenai peredaran atau transportasi darah di dalam tubuh manusia. Sistem ini tersusun atas jantung, arteri, vena dan kapiler darah. Paru-paru juga berperan penting sebagai organ tempat bertukarnya oksigen dengan karbondioksida melalui alveolus dan pembuluh darah kapiler. Darah merupakan alat transportasi utama dalam tubuh manusia. Oksigen, nutrien dan zat-zat kimia penting yang mengatur proses-proses tubuh disuplai melalui darah.
JANTUNG
Jantung merupakan organ berotot yang memompa dan mengedarkan darah di dalam tubuh. Jantung berfungsi sangat penting karena mengedarkan darah ke seluruh tubuh untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan sel akan oksigen, nutrien, dan zat kimia lainnya.  Jantung memompa darah sekitar 5 liter setiap menit.  Tanpa peredaran darah yang membawa oksigen, sel-sel tubuh dapat mati.

Jantung terletak di rongga dada, tersusun atas otot jantung, berwarna merah tua dan dibungkus oleh selaput perikardium. Dinding jantung tersusun atas 3 lapisan yaitu epikardium (bagian paling luar), miokardium (bagian tengah), dan endokardium (bagian dalam).


Jantung manusia terbagi menjadi 4 ruang, yaitu serambi (atrium) kiri, bilik (ventrikel) kiri.  Bagian bilik mempunyai dinding yang lebih tebal karena ototnya lebih tebal dibandingkan bagian serambi.  Bilik kiri lebih tebal dari bagain lain karena harus memompa ke seluruh tubuh.  Bagian atrium menerima darah dari pembuluh balik (vena). Atrium kanan menerima darah miskin oksigen dari vena sistemik (tubuh), sedangkan atrium kiri menerima darah kaya oksigen dari vena pulmonari (paru-paru).
Gambar Jantung
Gambar Jantung
Jantung memiliki klep untuk menjaga agar aliran darah tetap satu arah (tidak bolak-balik).  Beberapa klep tersebut antara lain: klep atrioventrikular (klep AV) dan klep semilunaris.  Klep AV terletak antara atrium dan ventrikel, contohnya adalah klep trikuspidalis (klep AV sebelah kanan) dan klep bikuspidalis (klep AV sebelah kiri).

Denyut jantung orang dewasa sehat dalam kegiatan biasa (istirahat) rata-rata berkisar 60-80 denyutan per menit.

PEMBULUH DARAH

Pembuluh darah merupakan saluran tempat darah mengalir.  Terdapat 3 macam pembuluh darah, yaitu :

a. Pembuluh darah nadi (arteri)
Arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah keluar dari jantung.  Cabang-cabang dari arteri disebut arteriol dan arteri terbesar adalah aorta.

b. Pembuluh darah balik (vena)
Vena dalah pembuluh darah yang membawa darah kembali menuju jantung.  Cabang-cabang dari vena disebut juga venula.

c. Pembuluh darah kapiler
Pembuluh darah kapiler adalah pembuluh darah yang sangat halus yang terdapat di jaringan tubuh. Pembuluh kapiler menghubungkan ujung pembuluh nadi terkecil dan ujung pembuluh vena terkecil.  Pembuluh kapiler inilah yang berhubungan langsung dengan sel-sel tubuh.
Gambar Penampang Melintang Pembuluh darah
Gambar Penampang Melintang Pembuluh darah
JALUR PEREDARAN DARAH
Peredaran darah manusia terdiri atas peredaran darah besar dan peredaran darah kecil.  Peredaran darah besar (sistemik) berlangsung dari bilik kiri, seluruh tubuh, serambi kanan, bilik kanan, paru-paru, serambi kiri, dan kembali lagi ke bilik kiri.  Darah yang keluar dari bilik kiri banyak mengandung oksigen, sedangkan darah yang keluar dari bilik kanan miskin akan oksigen.  Peredaran darah kecil (pulmonar) terjadi melalui bilik kanan, arteri paru-paru, paru-paru, vena paru-paru, dan ke serambi kiri.  Peredaran darah kecil merupakan sirkulasi darah miskin oksigen dari bilik kanan ke paru-paru melalui arteri pulmonalis untuk mengangkut oksigen kembali.  Darah kaya oksigen dari paru-paru akan masuk ke serambi kiri melalui vena pulmonalis.

SEL-SEL DARAH
Darah manusia terdiri atas plasma darah dan sel darah.  Sel darah manusia tersusun atas sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan keping darah (trombosit).
Bagian-bagian darah
Bagian-bagian darah
Gambar Sel darah merah
Gambar Sel darah merah
Sel darah merah berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel-sel tubuh dan mengangkut karbondioksida dari sel-sel tubuh ke paru-paru.   Sel darah putih berperan dalam kekebalan tubuh.  Trombosit berfungsi dalam pembekuan darah.

PEREDARAN GETAH BENING
Peredaran getah bening atau limfatik berfungsi mengangkut protein dan zat lain (terutama lemak) yang tidak dapat diserap melalui kapiler darah.  Getah bening atau limfe merupakan cairan yang mengandung leukosit dan lemak.  Limfe dapat membentuk kelenjar limfe yang banyak terdapat di daerah leher, ketiak, dan lipatan paha.  Limfe umumnya berfungsi dalam kekebalan tubuh.  Beberapa organ limfe antara lain limpa (organ limfe terbesar), tonsil dan timus.  Peredaran limfe bersifat terbuka, cairan limfe dari tubuh akan masuk ke pembuluh limfe kanan atau kiri untuk kemudian diedarkan ke dalam darah melalui vena.

PILIHAN GANDA

Pilihlah jawaban yang paling tepat dari soal-soal berikut:

1. Urutan peredaran darah pada manusia yaitu ...
A. bilik kiri, seluruh tubuh, serambi kanan, bilik kanan, paru-paru, serambi kiri, bilik kiri
B. bilik kanan, seluruh tubuh, serambi kanan, bilik kiri, paru-paru, serambi kiri, bilik kanan
C. bilik kiri, seluruh tubuh, serambi kiri, bilik kanan, paru-paru, serambi kanan, bilik kiri
D. bilik kanan, seluruh tubuh, serambi kiri, bilik kiri, paru-paru, serambi kanan, bilik kanan

2. Oksigen dalam darah diangkut oleh ...
A. leukosit
B. eritrosit
C. trombosit
D. enzim

3. Peredaran darah kecil pada manusia  yaitu ...
A. bilik kanan, arteri paru-paru, paru-paru, vena paru-paru, serambi kiri
B. bilik kiri, arteri paru-paru, paru-paru, vena paru-paru, serambi kanan
C. serambi kanan, arteri paru-paru, paru-paru, vena paru-paru, serambi kiri
D. serambi kiri, bilik kanan, arteri paru-paru, paru-paru, vena paru-paru, serambi kanan

4. Pembuluh darah besar yang mengandung banyak oksigen untuk dialirkan ke seluruh tubuh adalah ...
A. arteri
B. aorta
C. vena kava inferior
D. vena

5. Jantung memompa darah miskin oksigen ke paru-paru melalui ...
A. vena pulmonalis
B. arteri pulmonalis
C. vena kava inferior
D. vena kava superior

6. Bagian dari jantung yang memiliki dinding lebih tebal dari lainnya adalah ...
A. Bilik kanan
B. Bilik kiri
C. Serambi kanan
D. Serambi kiri

7. Sel darah putih disebut juga ...
A. eritrosit
B. leukosit
C. platelet
D. antigen

8. Sel-sel pertahanan tubuh terkonsentrasi di jaringan ...
A. eritrosit
B. otot
C. tulang
D. limfa

9. Cabang-cabang arteri disebut juga ...
A. arteriol
B. arteri
C. venula
D. vena

10. Cabang-cabang vena disebut juga ...

A. arteriol
B. arteri
C. venula
D. vena

Related posts:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda.