CAHAYA

Cahaya ~ Plassa (Planet Studi Sains). Benda di sekitar kita dapat dilihat karena adanya cahaya yang dipancarkan atau dipantulkarı oleh benda itu yang masuk ke dalam mata kita. Dengan cahaya pula kita dapat melihat keindahan alam.Cahaya mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan kita. Oleh  karena itu, kita pantas bersyukur bahwa di bumi ini telah disediakan cahaya alami, yaitu cahaya matahari.

A. Cahaya Merupakan Gelombang Elektromagnetik
Gelombang elektromagnetik tidak memerlukan  medium dalam perambatannya. Gelombang  elektromagnetik dapat merambat di dalam ruang  hampa. Menurut teori gelombang dari Christian Huygens (1629-1695),  cahaya pada dasamya sama dengan bunyi. Perbedaannya hanya terletak  pada frekuensi dan panjang gelombangnya. Selain itu, menuiut James Clerk Maxwell (1831-1879), cahaya adalah gelombang elektromagnetik. Cepat rambat cahaya sama dengan cepatrambat  gelombang elektromagnetik, yaitu 3 x 108 m/s. Kedua teori ini masıh dıpakaı  sampai sekarang.


B. Cahaya Merambat Lurus
Kita dapat melihat sebuah benda karena ada berkas cahaya yang dipantulkan  oleh benda itu masuk ke mata kita. Cahaya pada benda berasal dari sumber  cahaya.
Ada dua jenis sumber cahaya, yaitu sumber cahaya alami dan buatan. Contoh  sumber cahaya alami adalah matahari dan bintang. Adapun sumber cahaya  buatan, misalnya cahaya lampu, senter, dan lilin.
Dari sumber cahaya, gelombang cahaya merambat ke semua arah. Apabila  medium yang dilalui gelombang cahaya serba sama di semua bagiannya,  gelombang cahaya merarnbat menumt gaxis lurus.
Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat mengamati cahaya merambat lurus.  Mísalnya pada pagi hari, cahaya matahari yang masuk ke rumah melalui celah  yang kecil selalu tampak berupa batang-batang putih yang lurus. Berkas lampu  senter pada malam hari juga berupa-batang-batang putih yang lurus. Begitu  pula jika kita melihat film di bioskop. Berkas cahaya dari lampu proyektor film  berupa batang-batang putih yang lurus.
Umbra dan Penumbra
Selain itu, pembentukan bayangan Pada Cahaya Yang  merambat lurus dapat pula kita amatı melaluı gambar di atas!
Pada gambar (a) terjadi hal berikut.
Apabila suınber cahaya (S) ukurannya lebih kecil  daripada benda (B), di belakang benda terbentuk  bayangan yang gelap seluıuhnya. Bayang-bayang gelap  semacam ini disebut umbra.
Pada gambar (b) teıjadi hal berikut.  lika sumber cahaya (S) ukurannya lebih besar  daripada benda (B), di belakang benda terbentuk  bayangan yang gelap (umbra) dan bayang-bayang kabur.  Bayang-bayang kabur disebutjuga penumbra.

Related posts:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda.