Menyusun Jadwal Pelajaran dengan Asc Timetables

ASc Timetables  adalah sofware yang berguna untuk mempermudah penyusunan jadwal pelajaran. Berikut ini langkah-langkah penyusunan jadwal menggunakan Timetables:

a. tahap inventarisasi, yaitu menginventarisasi jumlah jam masing-masing mapel tiap kelas perminggu (diketahui dari struktur program kurikulum), jumlah jam dan mapel yang diajarkan tiap guru pada suatu kelas (dapat dilihat dari pembagian tugas mengajar), jumlah jam pelajaran maksimum tiap ruang mapel

b. tahap entry data, yaitu tahap memasukan data guru (nama, kode, warna, mengajar jenis mapel dan kelas serta jumlah tatap muka, hari/jam kosong), data mapel (nama mapel, kode, jam-jam kosong), data kelas (nama kelas, kode, kelompok siswa), dan data ruang (nama ruang, kode, hari/jam kosong). Pada tahap ini sebenarnya sama dengan pembuatan kartu pada cara pertama, tetapi semua dilakukan secara computerized.

c. Distribusi jam, yaitu mendistribusikan kartu-kartu tatap muka perguru permapel yang mempunyai kondisi persyaratan tertentu. Pendistribusian kartu dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu otomatis (generate) dan manual.

Baiklah secara ringkasnya penggunaan Asc Timetable sebagai berikut:
  1. Instal program atau software penyusunan jadwal Asc TimeTable bila belum punya download software, keygen.
  2. Buka Program, pilih New, Setelah muncul kotak dialog langkah 1 dari 7, klik Next
  3. Entri data sekolah pada kotak dialog langkah 2 dari 7
  4. Entri data pelajaran pada kotak dialog langkah 3 dari 7 berikut, klik baru
  5. Setelah muncul kotak dialog pelajaran, ketik pelajaran dan kode kemudian klik OK
  6. Untuk setting jam-jam kosong pada pelajaran: Klik nama pelajaran, Klik waktu kosong, Setelah muncul kotak dialog, klik jam-jam kosong yang diinginkan sampai muncul tanda silang merah, kemudian klik OK,
  7. Setelah semua pelajaran sudah di-entri-kan klik Next, Setelah muncul kotak dialog kelas, ketik kelas dan kode kemudian klik OK
  8. Entri data Entri data klasrum/ruang pada kotak dialog langkah 5 dari 7 berikut, klik baru (isi kelas dan kode kelas)
  9. Setelah muncul kotak dialog guru, ketik nama, kode, ubah pada warna, browse picture kemudian klik OK
  10. Setelah muncul kotak dialog Add more lesson berikut, pilih kelas, Grup, mata pelajaran, Jumlah (pertemuan/tatap muka, dipilih 1), panjang (jumlah jam tiap tatap muka, pilih dobel apabila 2 jp/tatap muka atau single apabila 1 jp/tatap muka), hilangkan tanda check (V) pada home (apabila moving class), untuk memilih ruang pilih other.
  11. setelah semua guru di-entri-kan, klik Next.
Sekarang semua sudah terisi tinggal bagian komputer yang memberikan layanan pada kita, tekan test untuk mengetahui ketersedian ruang dan permintaan teman-teman terkait jam kosong, bila hasil tes gak ada masalah, sekarang tekan tombol membuat jadwal baru pilih normal, sedang atau tinggi, apa bedanya silahkan dicoba bila masih kesulitan bisa mengirim komentar.

Related posts:

2 komentar:

  1. Lomayan nunggux, but okey.

    BalasHapus
  2. @nasipno:
    Trims... telah berkunjung smoga bermanfaat.

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan anda.