Sistem Ekskresi Pada Manusia

Sistem ekskresi pada manusia (Plassa.net). Tubuh manusia dilengkapi dengan kemampuan untuk mengeluarkan zat-zat sisa hasil dari proses yang terjadi di dalam tubuh. Proses pengeluaran zat tersebut dilakukan oleh sistem ekskresi. Alat-alat yang terlibat dalam proses ekskresi adalah paru-paru, hati, ginjal dan kulit.
penampang kuli
Paru-paru merupakan organ pernafasan (respirasi) dan organ ekskresi. Sebagai organ ekskresi, paru-paru mengeluarkan zat sisa pernafasan berupa karbon dioksida (CO2). Paru-paru terletak di dalam rongga dada. Oksigen yang dihirup ketika kita bernafas akan masuk ke paru-paru. Di dalam paru-paru terdapat kantung-kantung udara (alveolus) yang berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dengan karbon dioksida dari sel darah merah (eritrosit).

gambar paru-paru manusia
 Gambar paru-paru manusia 
gambar paru-paru
HATI
Hati merupakan kelenjar terbesar di dalam tubuh manusia. Hati berwarna merah tua, memiliki berat sekitar 1,4 kg dan terletak di dalam rongga perut sebelah kanan. Hati terdiri dari dua lobus, yaitu lobus kanan dan lobus kiri. Hati memiliki fungsi yang sangat penting dalam metabolisme tubuh.
Gambar hati manusia
Gambar Hati Manusia
Beberapa fungsi hati antara lain:
1. Memproduksi cairan empedu
2. Membuang zat beracun dari darah (detoksifikasi)
3. Menyimpan glikogen dan vitamin yang larut dalam lemak
4. Mensintesis protein darah
Cairan empedu yang disekresikan hati akan disalurkan ke kantung empedu untuk diedarkan ke usus halus. Cairan empedu mengandung garam empedu dan zat warna (pigmen) kuning kehijauan. Garam empedu akan digunakan dalam pencernaan lemak sedangkan pigmen warna akan dikeluarkan bersamaan dengan feses dan urin.  Adanya pigmen empedu menyebabkan feses berwarna coklat dan urin berwarna kuning pucat.

GINJAL
Ginjal merupakan organ berbentuk seperti kacang ercis dan berjumlah sepasang. Ginjal terletak di dalam rongga perut bagian belakang.  Ginjal berfungsi mengatur cairan tubuh dan kadar garam untuk mengendalikan kadar keasaman dalam darah.

Ginjal tersusun atas bagian kulit ginjal (korteks), sumsum ginjal (medulla), dan pelvis renalis (rongga ginjal).  Unit penyaring darah pada ginjal disebut nefron.  Pada bagian korteks terdapat glomerulus (anyaman pembuluh darah kapiler) yang berada di dalam kapsula Bowman (suatu badan berbentuk cawan). Gabungan glomerulus dan kapsula Bowman disebut badan Malpighi.
gambar penampang ginjal manusia 
 Gambar Penampang Ginjal Manusia
Medulla berbentuk seperti piramida dan merupakan tempat berkumpulnya pembuluh darah kapiler dari kapsula Bowman. Gelung Henle juga terdapat di bagian medulla.

Pada bagian ujung piramida terdapat suatu rongga yang disebut rongga ginjal (pelvis renalis). Rongga tersebut merupakan muara dari saluran pengumpul urin yang kemudian akan disalurkan ke ureter.
gambar ginjal dan pembuluh darah
 Gambar Ginjal dan Pembuluh-pembuluh darah
Proses pembentukan urin secara sederhana dimulai dari penyaringan darah yang berasal dari arteri ginjal ke glomerulus.  Sel-sel darah akan tersaring dan cairan darah masuk kapsula Bowman. Cairan tersebut akan mengalir sepanjang tubulus untuk kemudian terjadi proses penyerapan zat-zat yang masih berguna kembali ke dalam darah.  Zat-zat sisa dan beracun beserta kelebihan air (urin / air kencing) akan terus mengalir ke saluran pengumpul dan bermuara di rongga ginjal. Dari rongga ginjal, urin akan masuk ke saluran ginjal (ureter) untuk dialirkan ke kandung kemih.  Setelah kandung kemih penuh, urin akan dikeluarkan melalui uretra.

KULIT
Kulit berfungsi sebagai pelindung tubuh dari perubahan lingkungan, sinar ultraviolet dan kuman penyakit. Kulit juga berperan mencegah tubuh kehilangan cairan serta membantu mengatur suhu tubuh.  Sebagai organ ekskresi, kulit mengeluarkan keringat dan minyak.

Keringat dihasilkan oleh kelenjar keringat.  Kelenjar tersebut terdapat di lapisan kulit jangat (dermis), berbentuk seperti gulungan dan memiliki saluran sampai ke permukaan kulit.  Kelenjar keringat menyerap air dan garam-garam mineral dari kapiler darah.  Jika suhu terlalu panas, air dan garam-garam akan dikeluarkan sebagai keringat untuk mendinginkan suhu tubuh.
gambar penampang kulit manusia
 Gambar Penampang Kulit Manusia
Kelenjar minyak di dalam lapisan dermis akan mengeluarkan minyak sebum untuk meminyaki rambut dan permukaan kulit.  Minyak tersebut akan melembutkan kulit serta melindungi kulit dari kekeringan.

PILIHAN GANDA

Pilihlah jawaban yang paling tepat dari soal-soal berikut:

1. Yang bukan termasuk organ ekskresi adalah ...
A. paru-paru
B. ginjal
C. hati
D. tulang

2. Paru-paru mengeluarkan zat sisa berupa ...
A. urin
B. cairan empedu
C. CO2 dan uap air
D. keringat

3. Cairan yang dihasilkan organ hati untuk disalurkan ke kantung empedu adalah ...
A. cairan lemak
B. cairan empedu
C. urin
D. asam lambung

4. Unit penyaring pada ginjal disebut ...
A. korteks
B. ureter
C. nefron
D. medulla

5. Gelung Henle pada ginjal terdapat pada bagian ...
A. korteks
B. medulla
C. ureter
D. nefron

6. Pertukaran gas di dalam paru-paru terjadi di ...
A. Bronkus
B. Trakea
C. Alveolus
D. Bronkiolus

7. warna feses dan air kencing berasal dari ...
A. pigmen kulit
B. garam empedu
C. pigmen empedu
D. pembuluh darah

8. Saluran yang menghubungkan ginjal dengan kantung kemih disebut ...
A. uretra
B. ureter
C. saluran pengumpul
D. gelung Henle

9. Saluran pengumpul urin akan bermuara di ...
A. glomerulus
B. rongga ginjal
C. ureter
D. kapsula Bowman

10. Keringat merupakan cairan yang mengandung ...
A. air dan garam-garam mineral
B. cairan empedu
C. minyak sebum
D. urin

Sumber:
  1. Sukis wariyono, dkk. 2008. Mari belajar ilmu alam sekitar 3: panduan belajar IPA terpadu /untuk kelas IX SMP/MTs. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  2.  Elok Sudibyo, at. all. 2008. Mari Belajar IPA 3 : Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

    Related posts:

    2 komentar:

    Terimakasih atas kunjungan anda.